Hidup Benar-Benar Bisa Dinikmati Kalau Menjadi Dirimu Sendiri

Minggu, 10 Mei 2015

Danshi & Teknik Melakukan Wawancara

Danshi no Blog - Wawancara sangat penting dalam dunia jurnalistik. Karena merupakan proses pencarian data berupa pendapat/pandangan/pengamatan seseorang yang akan digunakan sebagai salah satu bahan penulisan karya jurnalistik. Dalam wawancara harus bisa memposisikan diri sejajar dengan narasumber. Teknik ini digunakan untuk memberi kemudahan mendapatkan informasi.



Ada beberapa hal yg perlu diketahui ketika melakukan wawancara, baik teknik dan juga jenis macam ny. Seperti,
  • Man in the street interview. Untuk mengetahui pendapat umum masyarakat terhadap isu/persoalan yang akan diangkat jadi bahan berita. 
  • Casual interview. Wawancara mendadak. Jenis wawancara yang dilakukan tanpa persiapan/perencanaan sebelumnya atau biasa disebut juga door stop.
  • Personality interview. Wawancara terhadap publik terkenal. Atau orang yang memiliki kebiasaan/prestasi/sifat unik, yang menarik untuk diangkat sebagai bahan berita. 
  • News interview. Wawancara untuk memperoleh informasi dari sumber yang mempunyai kredibilitas atau reputasi di bidangnya. 
Sedangkan untuk persiapan pewawancara ada beberapa hal yg harus diperhatikan. Mulai dari persiapan alat, pertanyaan yg akan ditanyakan, dan berlatih senyum depan kaca. Pewawancara harus mengerti siapa narasumber yg akan diwawancarai. 

Pada teknik wawancara tidak perlu canggung bersikap santai, posisi derajat sama dengan narasumber, lalu fokus pada pertanyaan. Jangan terlalu lama melakukan wawancara kecuali berita yg mau dijadikan adalah main topik.

Sampai disini dulu post ny. Sehat selalu & Salam ( * _ *)=oo=(# _ # ) #BrosFists 

Sumber Gambar: 1)Videothatmoves

0 komentar:

Posting Komentar