Hidup Benar-Benar Bisa Dinikmati Kalau Menjadi Dirimu Sendiri

Rabu, 01 April 2015

Danshi & Pemahaman Nenkou Joretsu

Danshi no Blog - Pernah berpikir untuk bekerja diluar negeri? Bagi yg punya cita-cita, dengan beberapa bantuan dari pengetahuan dan uang berjumlah besar. Maka bukan hal yg mustahil untuk dicapai. Asalkan jangan jadi orang yg curang segala macam cara akan dilakukan demi impian terwujuad. #NotCoolGuys

Konsep Pemahaman Nenkou Joretsu
Mendapatkan pekerjaan diluar negeri bagi orang Indo adalah suatu achievement yg perlu dipamerkan dan dibanggakan. Namun, banyak orang yg sering ngalamin nama ny Culture Shock diperusahaan yg ditempatkan. 

Mau apa lagi negara banyak, maka budaya bermacam-macam. Salah satu contoh ny saja di Jepang. Memiliki adat istiadat tersendiri untuk para pekerja maupun perusahaan ny. Istilah asing banyak menyebutkan pekerja White Collar adalah pekerja yg memiliki nilai penghasilan yg lebih tinggi. Sedangkan di Jepang juga dikenal dengan Blue Collar atau Salary Man yg dilirik sebagai tulang punggung pembangunan perekonomian negara. 

Dari penampilan memang mereka mempunyai sebutan yg bagus. Dibalik dari sebutan itu, peran perusahaan ny mereka lah yg menjadikan mereka bisa dikenal dengan nama seperti itu. Perusahaan di Jepang memiliki tradisi. Bisa dilihat dari sistem yg diterapkan, seperti Nenkou Joretsu.

Sistem Nenkou (年功序列 nenkō joretsu) adalah sistem pengupahan sesuai senioritas di Jepang dalam mendapatkan atau menduduki suatu jabatan, berdasarkan lamanya pengalaman bekerja di suatu perusahaan atau organisasi yang sama. Keuntungan sistem ini adalah memungkinkan para karyawan yang lebih tua untuk mencapai tingkat gaji yang lebih tinggi sebelum pensiun, dan mereka biasanya membawa lebih banyak pengalaman kepada jajaran eksekutif.  

Pekerja yang bekerja pada perusahaan tanpa ada pengalaman kerja dibayar dengan gaji rendah pada awalnya tapi dapat menanti kenaikan dengan bertambahnya umur dan senioritas sampai pensiun. Sistem seperti ini berdasar pada pekerjaan sepanjang masa, karena mereka akan menerima gaji tahunan yang meningkat. Pada saat yang sama dibawah pekerjaan seumur hidup, organisasi memberi inisiatif untuk investasi yang berkelanjutan pada training dan tidak berisiko pada hilangnya investasi atau pengetahuan. Konsekuensinya bagi kedua belah (perusahaan maupun pekerja) mempunyai investasi jangka panjang pada pengembangan dan kesuksesan.  

Buat teman-teman yg ingin tau detail lebih lanjut mengenai Nenkou Joretsu. Silakan saja ketik komentar di post ini.

Sehat selalu & Salam ( " w")-oo-(b _ b ) #BrosFists

Sumber Gambar : 1)Edukwest.com

0 komentar:

Posting Komentar