Hidup Benar-Benar Bisa Dinikmati Kalau Menjadi Dirimu Sendiri

Selasa, 11 Februari 2014

Danshi & Bentuk Ijime

Danshi no Blog - Sebelumnya aku sudah memberikan penjelasan mengenai apa itu Ijime. Sedikit saja pembahasan kalau Ijime adalah kata Jepang (いじめ) yang artinya adalah sebuah kegiatan penindasan/intimidasi atau bullying yang dilakukan untuk membuat korban merasa sakit baik mental maupun fisik. Ijime merupakan salah satu tindakan kriminal yang fenomenal di Jepang, dan rata2 kebanyakan kejadianx ini terjadi di lingkungan sekitar sekolah. Nah. . .  Berhubung sudah banyak orang yang membahas mengenai konsep ijime, maka aku akan mencoba membahas ijime selain konsep. Apa saja itu? Silakan dinikmati.

Untuk pertama aku akan mendeskriptifkan mengenai bentuk2 ijime yang dilakukan oleh beberapa kalangan masyarakat di Jepang. Bentuk2 ijime yang dibedakan dua macam. Pertama ijime ada yang dilakukan secara langsung dan kemudian dilakukan secara tidak langsung.

Danshi & Bentuk IjimeBentuk-bentuk ijime secara langsung itu seperti :
1.    Ijime fisik
2.    Ijime verbal
3.    Ijime sosial
4.    Ijime seksual  #Telan_Ludah








Lalu untuk bentuk-bentuk ijime secara tidak langsung (not face to face) itu seperti :
1.   Mengirimkan catatan kejam berupa teror dan surat-surat yang berbau intimidasi.
2.   Menyebarkan gosip dengan tuduhan-tuduhan yang tidak benar dan lain sebagainya.
3.  Cyberbullying atau ijime yang berupa penindasan dengan menggunakan internet atau elektronik. Dengan cara mengirimkan tulisan, gambar dan video yang dapat mempermalukan seseorang.

Danshi & Bentuk Ijime
Selain itu segala bentuk ijime yang terjadi dalam masyarakat muda Jepang terjadi karena dipengaruhi oleh berbagai alasan dari korban maupun pelaku.
Pelaku.
1. Tidak suka;
2. Iri; atau
3. Kepuasaan Hati;

Sedangkan dari korban.
1. Untuk melindungi dirinya dari Ijime orang lain
2. Untuk bisa mendapatkan teman


Ada2 saja mereka ini, namun inilah kenyataannya yang terjadi di Jepang. Kesimpulannya mereka yang bersifat indivdualis dan juga lebih memntingkan diri sendiri yang akhirnya memunculkan korban ijime. Korban ijime muncul karena pelaku ijime, pelaku ijime muncul karena kehidupan sosial yang dijalaninya cenderung membuat dia tidak merasa nyaman dan kadang membuatnya butuh tempat untuk melampiaskannya. Ketika mengijime dan mereka menilai korbannya itu lemah, maka mereka akan melakukannya berulang2 dengan tujuan untuk kesenangan pribadinya mereka sendiri.
Sangat disayangkan kalau ijime selalu mewarnai kehidupan sosial masyarakat Jepang, namun untuk mencegahnya pun agak sulit. Kecuali kalau korba mau melawan atu ada orang yang mau membantunya.
Danshi & Bentuk Ijime

Pembahasan mengenai bentuk Ijime mungkin hanya segini yang bisa aku bahas, berhubung sudah banyak nemu situs2 yang membahs tentang Ijime. Jadi aku tidak akan menjelaskan banyak2, g enak kalau ada yang sama. NO PLAGIAT!

Sekian dulu pembahasannya mengeani post-ku ini tentang Ijime, mungkin kalau ada kesempatan lagi. Aku akan mencoba membahs ijime lebih detail. Terima kasih sudah membaca teman2. 
Sehat selalu & Salam ( * . *)=oo=(^ o ^ ) #BrosFists

Sumber Gambar: 1)Japanesedailypress.com; 2)Strangecosmos.com; 3)Cnn.com

0 komentar:

Posting Komentar