Hidup Benar-Benar Bisa Dinikmati Kalau Menjadi Dirimu Sendiri

Jumat, 20 September 2013

Danshi & Komunitas FIB: Shogi dari Bang Ucupers

Selamat Malam semuanya.
Ehem.. Ehem..
Karena sekarang aku menjabat sebagai salah satu anggota dari OS di bagian seksi kebersihan. . .
Maksudku seksi Publisher yang seksi sekali (j' =o ')j (lol)
Aku akan memberikan beberapa seputar informasi2 menarik yang berhubungan dengan Jejepangan sekitar Malang.
Tadi siang aku barusan saja telah melakukan kegiatan wawancara dengan teman seangkatan kuliah. Mengenai tentang konsep baik mengenai budaya Jepang di Indonesia maupun kegiatan yang menarik di Jepang. Namun, karena level yang dibahas terlalu tinggi maka aku tidak akan ceritakan. Kali ini aku hanya ingin menceritakan tentang kegiatan "Jejepangan" yang dilakukan oleh temanku saat diwaktu luangnya.


Temanku yang bernama Bang Ucup ini berasal dari Malang asli daerah Karangkates. Dia sudah lama mempelajari Jepang sejak SMA dan saat ini juga dia sekarang sudah dalam tahap penyusunan skripsi di universitas sama denganku.
Singkat saja profilnya, aku langsung lompat membahas tentang hobi yang selama ini telah dia kerjakan. Yaitu memainkan permainan catur tradisonal dari Jepang atau yang dikenal dengan nama Shogi.
Apa itu Shogi? Mungkin tentang itu bisa dilihat di Wikipedia.

Aku ingin memberikan beberapa gambaran sedikit hal yang unik tentang Shogi. Permainan ini terbuat dari kayu dan cara bermainnya sangat berbeda dari catur yang selama ini kita ketahui sebagai orang awam. Untuk mempelajari dalam tentang Shogi. Aku hanya memberikan buku paduan saja yang mungkin aku harap bisa dimengerti oleh kalian yang saat ini sedang menyimak. Ini Link.

Karena banyak kegiatan yang harus dikerjakan maka saat ini hanya singkat menjelaskannya.

Lalu kali ini aku juga mau memberitahu kalau Bang Ucup sendiri saat ini juga ikut semacam kegiatan seperti Kendo, Tari Yosakoi, dan juga dia telah membuat klub sendiri yang bernama "Shogi Club" di kampus.

Mungkin dia bisa membantu mengajari para anggota2 OS di Balikpapan untuk mendalami kesenian Jepang. Dan tidak hanya sekedar anime atau cosplay saja ya. Tetapi ingat meskipun sudah mendalami kebudayaan negara lain jangan lupa dengan tanah kelahiran sendiri. Contohin dong Bang Ucup ini. Meskipun beliau lagi belajar tentang budaya Jepang dan tahu banyak mengenainya, dia sama sekali tidak pernah lupa dia itu darimana asalnya. Beri tepuk tangan. Yeeey \(^w^)/

Untuk info update lainnya tunggu saja wawancara berikutnya dariku.
Salam hangat dan sampai ketemu lagi ya semua.

-Danshi

1 komentar:

Posting Komentar