Hidup Benar-Benar Bisa Dinikmati Kalau Menjadi Dirimu Sendiri

Selasa, 04 Maret 2014

Danshi & Tips Menyelesaikan Skripsi Secepat Kilat ---Edisi Terakhir

Danshi no Blog - Berikut ini adalah post lanjutan dari "Danshi & Tips Membuat Skripsi dengan Cepat". Sebagai lanjutan sekarang aku akan membahas mengenai kunci penyelesaianx. Semoga saja bermanfaat untuk teman2 sekalian. Karena itu semangat. Cara sukses untuk menyelesaikan skripsi yang harus diingat sangat banyak. Ada beberapa hal yang harus dipikirkan saat melakukan atau mengerjakan skripsi, sesuai dengan caraku yaitu seperti.


Danshi & Tips Menyelesaikan Skripsi Secepat Kilat ---Edisi Terakhir

1. Carilah Judul Skripsi yang Disukai / Mudah di Kaji.

2. Ketik Judul dan Search di Google untuk Mewaspadai Plagiat.

3. Siapkan uang untuk membeli buku metode penelitian atau Searching di Google.

Untuk searching coba di situs E-Book atau download secara gratis melalui Google.

4. Sering Konsultasi dengan DosPem.
Konsultasi bukan berarti harus revisi, melainkan bertanya untuk mencari kekurangan dan apa saja yang perlu ditambahakan. Saat konsultasi minta saran buku yang pas untuk dikaji. Biasax DosPem memiliki simpanan buku yang membantu mahasiswax.

5. Kurangi Waktu Santai.
Di ajak teman jalan bukan berarti harus ngikut maupun jadi ekor mereka. Senang dikurangi untuk satu semseter demi penyelesaian skripsi.
Danshi & Tips Menyelesaikan Skripsi Secepat Kilat ---Edisi Terakhir
6. Cari Kata di Buku Teori.
Saat mengerjakan skripsi pastix mengalami Writer Block ibarat seperti novelis. Kesusahan untuk mencari kalimat selanjutx dan mencari teori yang mendukung kalimat paragraf selalu yang menjadi masalah. Cara menghadapix baca buku dengan memberi "tanda" pada kata kunci teori / search (Ctrl+F) cari kata teori yang akan dipakai untuk skripsi teman2. Misal, tekan Ctrl+F di dalam buku teori format PDF/Word, ketik Popular Culture; tekan Enter. Jika ketemu gunakan kalimat dan dikembangkan. Jika tidak cocok cari lagi sampai ketemu.

7. Gunakan Kata2 yang Mudah dipahami.
Selalu ingat pola SPOK saat menulis kalimat paragraf. Hindari kata berulang2 seperti dtemukan huruf "-nya" dalam 1 paragraf, dan hindari kata Kita, Kami, Aku, dsbg.

8. Baca Ulang Hasil Ketikan.
Menghindari Human Error saat penulisan baca lagi dan koreksi lagi. Daripada dicoret2 ulang saat revisi.

9. Ingat Susunan Paragraf Skripsi
Saat membuat skripsi perhatikan isi paragraf. Saat menulis isi paragraf langkah2 yang aku ambil pertama kali untuk memulaix adalah. 1. Kalimat Fakta; lalu 2. Kalimat Penguat Fakta (Gunakan Buku Teori); dan terakhir 3.Kembangkan dengan kalimat sendiri (Ingat Batasan). Contoh,"Anime merupakan bentuk dari budaya dua dimensi Jepang. Karena itu masyarakat Jepang bisa menerima anime dalam kehidupannya sehari-hari. Hal ini dibuktikan budaya dua dimensi Jepang sudah tertanam sejak masa dulu ketika manga dibuat pertama kali (Bagijur, 1990: 12). Dengan demikian, budaya dua dimensi di Jepang dipengaruhi dari konsep budaya dua dimensinya. Karena itu, menyebabkan pola pikir masyarakat bisa menerima-nya

10. Suruh Orang Lain Menjadi DosPem-mu

Saat menyelesaikan skripsi minta orang lain membaca skripsi. Biar mereka bisa mengkoreksi kesalahan penulisan dan lainx.

Untuk teman2 FIB dari Universitas Brawijaya, aku berikan alur yang harus ditempuh saat sempro dan Semhas. Berikut adalah carax seperti.
Tahap Menuju Sempro (Seminar Proposal).
1. Download Berkas Sempro di Fib.Ub.Ac.Id

2. Isi Semua dan lalu Print.

3. Beli 2 Map Hijau, Fotokopi Skripsi yang Sudah di ACC 2X, dan Bawa Fotokopi Bukti KKN.

4. Tanyakan Jadwal Kapan DosPem 1 dan 2 Bisa. Cocokan dan Bersiap ke pengajaran.

5. Kumpulkan nomor (3) ke Pengajaran Lantai 4, (Mas Farid) beserta kertas Form Pendaftaran Sempro yang sudah diisi. Lalu, tanya ruang kelas kosong pada tanggal yang telah ditentukan nomor (4)

6. Beri kabar ke DosPem 1 dan 2, lalu beri fotokopi Skripsi masing2 1 kepada mereka.



Tahap Semhas (Seminar Hasil):
1. Download Berkas Semhas di Fib.Ub.Ac.Id

2. Isi Semua dan lalu Print.

3. Beli 3 Map Biru, Fotokopi Skripsi yang Sudah di ACC 3X.

4. Tanyakan Penguji ke DosPem 1.

5. Tanyakan Jadwal Kapan DosPem 1 dan 2, beserta Penguji Bisa. Cocokan dan Bersiap ke pengajaran.

6. Kumpulkan nomor (3) ke Pengajaran Lantai 4, (Mas Farid) beserta kertas Form Pendaftaran Semhas yang sudah diisi. Lalu, tanya ruang kelas kosong pada tanggal yang telah ditentukan nomor (5)

7. Beri kabar ke DosPem 1 dan 2 beserta Penguji, lalu beri fotokopi Skripsi masing2 1 kepada mereka.


Sebenarx kalau aku boleh berbagi alasanku menyelesaikan skripsi secepatx untuk bisa menyelesaikan amanat dari kedua ortu, terutama Emak-ku. Yup aku anak mami. Problem? Keluargaku adalah orang biasa bukan mandor, anggota dewan, kepala bank, atau apalah. Karena kekurangan keluargaku yang dimiliki bukan berarti aku harus mencari alasan menunda skripsi demi keuntungan pribadi atau mengatasnamakan kesuksesan. Sungguh sangat kurang ajar kalau aku lahir dan lupa dengan daratan. Kedua Ortu-ku masih hidup dan sudah menjadi tanggung jawabku untuk membuat mereka bangga.

Senyum bahagia dari ortu adalah bahagiaku yang paling sederhana.

Sekian dulu pembahasan mengenai skripsi. Aku senang bisa berbagi bahagia dan susah payah yang aku hadapi saat mengerjakan skripsi kepada teman2 sekalian. Karena itulah yang membuatku belajar untuk bisa termotivasi sendiri dan memiliki niat tulus membantu orang lain.

Sampai jumpa lagi di post berikutnya. Jangan lupa untuk selalu bookmark Blog-ku ini ya.
Sehat selalu & Salam ( " w")=oo=(^o ^ )#BrosFists

0 komentar:

Posting Komentar