Hidup Benar-Benar Bisa Dinikmati Kalau Menjadi Dirimu Sendiri

Rabu, 30 Oktober 2013

Danshi & Kelakuan dari Pengidap Chuunibyou

Waaaah sudah malam nih, haloo semua teman2. Bagaimana kabar kalian semua?
Baiiiik!!! (j ' =o ')j (lol)

Malam ini aku mau mempersembahkan sesuatu yang menarik. hhe 
Bisa dibilang saat ini sedang lagi jadi fenomena dijejaring sosial. Ini bukan tentang Vicky dengan mobilisiasi penghancuran jiwa. Tetapi ini tentang gaya hidup masyarakat muda. Meskipun secara tidak sadar fenomena ini sudah menjarah ke negara Indo sendiri. 

Yang mau aku bahas sesuai tema adalah mengenai Chuunibyou adalah. . . . . Pastinya teman-teman ada yang tahu atau belum mengerti tentang Chuunibyou, bukan? Tapi buat yang belum tahu aku akan menceritakan sedikit tentang Chuunibyou yang dikenal di Jepang.

Chuunibyo adalah penyakit mental yang bahasa kedokteraannya dikenal dengan "Hebephrenic Schizophrenia", yaitu adalah salah satu penyakit mental yang memiliki karakteristik yang unik untuk pengidapnya seperti cara berbicara yang tidak menentu dan aneh, lalu sikap kekanakan yang tidak sesuai umur, dan kelakuannya yang aneh dilihat dari mata orang yang ada disekitarnya. Penyakit ini bagi pengidapnya sangat biasa dan wajar. Dia tidak bisa membedakan antara kenyataan dan khayalan. Yang dia lakukan hanya menggabungkan dua sisi itu dengan imajinasinya.

Pelakunya hanyalah orang-orang yang berada dimasa puberitas. Banyak ahli yang berpendapat kelakuan ini dikenal dengan "masa pemberontakan". Masa pemberontakan adalah tahap/frase yang harus dilalui oleh anak muda untuk memasuki tahap ke dewasaannya. Ibarat seorang Alayers yang setelah dewasa menjadi orang bijak seperti Om Mario Teguh.

Kalau aku katakan mereka yang mengidap prilaku ini masih dalam pencarian jati diri sendiri. Mencoba berbagai macam pilihan yang ada, karena buat mereka satu belum cukup. Mereka ingin menjadi seperti orang lain atau tokoh khayalan buatan sendiri. Buat mereka hal itu bisa menjadikan diri mereka lebih kelihatan keren atau bagus. Sekali lagi ego masyarakat muda memang sulit untuk dipahami oleh orang lain. Maunya mereka tidak jelas tapi dipahami mintanya lebih. Jujur aku pernah alami hal yang seperti ini. Karena aku merasa sekarang sudah mengerti banget tentang prilaku ini, maka aku mau berbagi pengalaman dengan teman2 sekalian.

Segitu saja tentang penjelasan awal dari prilaku Chuunibyou atau yang dikenal dengan Hebephrenic Schizophrenia.Sekarang aku mau berikan gambaran kepada teman-teman prilaku buat orang yang mengidap penyakit ini.
Di Jepang pelakunya adalah orang yang.
1. Menganggap dirinya seorang "Superhero" atau "Super-villain"
2. Berbicara dengan kata-kata yang hanya dia mengerti artinya apa.
3. Berdandan seperti cosplayer atau memakai aksesoris yang menggambarkan identitasnya setiap waktu/saat diluar.
4. Melakukan sebuah aktivitas dengan menyatukan kesadaran dirinya dengan imajinasi kekanak-kanakannya.
Dari keempat pendapat yang aku buat ini, rata-rata mereka masih bersekolah dan memiliki/membentuk sebuah klub sendiri. Klubnya itu bermacam-macam seperti contohnya,
1. Klub pertahanan zombie
2. Klub fans ....
3. Klub ksatria
4. Klub ilmu gaib
5. Klub detektif
6. Klub assasin
dsbg.

Unik bukan klub mereka, aku saja tidak menyangka kalau ini memang nyata. Kalau perlu cek saja di sini, kalau teman2 belum percaya.

Setelah mengetahui keunikan dari pelaku Chuunibyou di Jepang sekarang aku masuk ke Indonesia.
Pelakunya ini gampang kok diketahui seperti apa. Biasanya memiliki sifat seperti ini.
1. Nama memakai bahasa "Jepang".
2. Di foto selalu bergaya serius/marah.
3. Memiliki kepercayaan tinggi kalau dirinya lebih "HEBAT" dari orang lain.
4. Selalu menggambarkan dirinya berada disisi "Angel"/"Demon".
5. Gaya bahasa selalu mengikuti orang lain (yang keren).

Mungkin baru 5 saja yang selama ini aku perhatikan, tetapi semakin maju suatu jaman tidak meungkinkan sindromnya juga bertambah. Mereka yang mengidap sindrom ini cenderung memiliki latar belakang emosi tidak menentu. Jadi sebagai orang yang berada didekatnya atau mengenalnya bantulah dia. Mungkin dengan support atau memberi nasihat bisa membuatnya menjadi orang yang memiliki cara berpikir yang rasional dan bisa memajukan negara sendiri. WOOW jauh banget pemikiranku.

Sekian penjelasanku maupun pendapat tentang Chuunibyou. Semoga bisa menambah ilmu buat teman-teman lainnya.
Sampai jumpa lagi. ( " w ")=oo=(^ u ^ ) #BroFists

Sumber gambar: 1)healthtab.com; 2)ecchi-ecke.de

0 komentar:

Posting Komentar