Hidup Benar-Benar Bisa Dinikmati Kalau Menjadi Dirimu Sendiri

Jumat, 06 Desember 2013

Danshi & Masalah?

Danshi no Blog - Hari ini banyak belajar dari kejadian yang telah terjadi disekitarku ya termasuk yang ada di My Cricles. Kenapa ya dalam bulan desember ini? Aku bertanya-tanya semua topeng yang dipasangi oleh orang-orang yang "tegar" maupun juga yang tampangnya "kuat" dan bisa memecahkan semua solusinya sendiri akhirnya terbongkar dan terkuak semua kesedihan maupun masalah pribadinya. Sebenarnya tidak sopan aku berkata seperti ini apalagi aku tahu masalah dari orang2 ini dari baca ekspresi dan pola tingkahnya. Namun aku hanya sekedar cerita saja mengenai masalah orang-orang yang aku tahu tanpa menyebutkan siapa mereka. Tidak baik menyebutkan nama disaat mereka menderita, namun pelajaran yang terjadi pada mereka ini mungkin bisa kalian ambil untuk diterapkan dalam kehidupan. Agar kalian bisa menyelesaikannya dengan bantuan orang lain.

Manusia hidup dalam dirinya sendiri, yang membangun karakternya sendiri adalah dirinya sendiri dengan berusaha dari atau tanpa usaha dari orang lain. Pusing? Maaf bahasaku agak tinggi.
Mungkin lebih singkatnya ada orang yang gengsian dan tidak. 
Orang gengsian adalah orang yang punya masalah tapi dia selalu simpan dalam hati dan tidak mau membaginya ketika orang lain tidak tanya "Ada apa denganmu?"
Sedangkan orang yang tidak gengsian adalah orang yang tiap ketemu orang dekatnya selalu ngomong "eh aku lagi ada masalah"; "eh kenapa dia"; "eh kamu tahu g"; "eh hari ini" dan "eh" lainnya. Mungkin aku akan menyebut orang ini adalah "EH!"

Tapi apa teman-teman tahu? Kalau ada orang yang tidak termasuk dalam kategori tersebut, Bukan karena gengsi terlalu tinggi tapi otaknya konslet. Dan orang ini adalah orang yang berkategori Manusia Pendek: dia adalah orang yang ter-Obsesi dengan diri sendiri. Dia berharap orang didekatnya atau sekitarnya harus tahu dirinya tanpa perlu ngomong. . . . . . Berteman dengan dia jangan terlalu dekat semakin stress bisa-bisa. Karena kita harus jadi detektif saat didekatnya. Yang parahnya dari kategori ini adalah orang yang selalu menutupi kebenaran dan membuat kebohongan baru untuk menutupinya. Speechless. Kalau dekat dengan orang seperti ini mikir dua kali deh.

Tujuan manusia hidup sekitar 20% dan sisanya yaitu 80% adalah untuk komunikasi. Secantik apapun kamu atau seganteng seperti apa kalau komunikasi g jelas hidup bahagia hanya sebentar saja kamu dapat dan kemudian kamu akan jatuh dalam kesendirian lagi. Apa kalian tahu? Hubungan rumah tangga 95% rusak karena faktor dari kurangnya greget dari komunikasi kedua orang2 antara suami dan istri, 5% kemana? Yah faktor luar.
Setiap orang memiliki masalah kalau bercerita mengenai masalahnya pasti ke orang terdekat meskipun dia tahu orang tersebut suka cerita ke orang lain. Masa bodoh yang penting sudah cerita. Kebanyakan orang seperti itu untuk mengurangi bebannya sendiri. Lalu, buat orang gengsian problem yang menjadikan beban untuk dirinya selalu saja disimpan dan terkadang dia tanggung sebanyak mungkin. Tujuannya dia percaya kalau bisa menyelesaikan tanpa bantuan dari orang lain. Namun itu salah. Kamu hidup sekali, masalahmu banyak. Apa di dunia ini semua orang bajingan? atau tidak ada yang mau membantumu? jawaban tidak. Apa karena kamu merasa malu? takut nantinya jadi hutang yang harus digantikan? Percayakan dirimu sendiri semua orang disekitarmu tidak berharap minta balasan atau hanya memanfaatkanmu. Kalau banyak mereka lah yang membebanimu dalam masalahmu sendiri. Aku yakin pasti ada satu atau lebih, seperti diriku sekarang.

Kejadian pada bulan ini sudah banyak. Seharusnya terjadi untukku tapi pada kenyataannya ternyata disekitarku yang terkena masalah yang besar. Mungkin masalah ini terjadi karena ada kesalahan komunikasi antara mereka dengan orang lain atau orang terdekatnya. Di antara dari beberapa mereka ada yang cerita tapi ada juga yang memilih untuk menjawab kalau ditanya.

Seharusnya Happy End tapi hidup tidak akan pernah simple dengan kemauan manusia sendiri. Melainkan semuanya ini sudah diatur. Cara untuk menyingkirkan beban ini hanya berkomunikasi dengan orang disekitar yang dipercaya. Mencari hobi lain? atau mencari hiburan lain? Bukan jawaban melainkan hanya mencari pelarian dan hanya membuat masalah bertambah. Lari dari masalah? Buktikan kalau bisa.

Masing-masing orang memiliki perbedaan dan kalau kamu menyamakan orang lain dengan sepertimu. Who the hell are you? 
Mereka berbeda kalau kamu tidak suka lihat. Hargailah karena tidak menganggu jiwa dan ragamu cuma mata tok.
Kalau mereka menyakitimu baik batin atau raga, marahlah dan ungkapin karena orang harus komunikasi untuk bisa dihargai dan bahagia.

Mungkin setelah cerita mengenai teman2ku yang lagi dalam problem ini bisa membuat teman2 berpikir apakah teman2 mau hidup seperti ini atau mengubahnya. Itu tergantung dari keputusan masing2.
Salam ( ' o ')=oo=(' o ' ) #BrosFists!

Sumber Gambar: 1)Guardianpublic.co.uk; 2)Bussinessinsider.com; 3)en.kunming.cn

0 komentar:

Posting Komentar