Hidup Benar-Benar Bisa Dinikmati Kalau Menjadi Dirimu Sendiri

Kamis, 12 Maret 2015

Danshi & Culture Shock di Indonesia

Danshi no Blog - Merasa ter-alienisasi ketika berada di lingkungan baru adalah hal wajar.Buat yang berpikir panjang pasti akan mencari cara agar bisa diterima. Namun menguasai segala hal ataupun berpengetahuan luas tidak sepenuh ny membantu. Apalagi karena lingkungan baru yg dihadapi pasti juga akan merasa kegelisahan atau nervous. 

Danshi & Culture Shock di Indonesia
Kegelisahan ini yg dikenal sebagai Culture Shock. Bisa juga diartikan sebagai Kejutan Budaya atau Gegar Budaya. Mengalami masa-masa Culture Shock memang harus dihadapi oleh para perantau yg sebagai contoh ny yg bersifat idealis.

Pertama-tama mereka akan menolak lingkungan yang menyebabkan ketidak nyamanan. Penolakan ini merupakan bentuk pemberontakan terhadap lingkungan yg tidak sesuai dengan kemauan si perantau. Bentuk pemberontakan ny sendiri bermacam-macam, seperti.
1. Membentuk kelompok;

2. Berkomunikasi satu arah; dan

3. Menerima golongan yg sesuai dengan ny


Bentuk pemberontakan yg dilakukan adalah sebagai perlarian. Perlarian yg menolak cara pandang dari budaya seharus ny. Karena budaya di Indo bermacam-macam, maka akan terjadi perbedaan yg menonjol. Selain itu tidak semua perbedaan bisa diterima oleh setiap orang bukan. ( ^ w ^) #Right
Bisa diambil contoh kelompok anime maniak cenderung anti korea lover. Maupun juga sebalik ny. Biasa ny anime maniak meremehkan orang yg diluar dari kelompok ny dan cenderung sombong.  

Naah. . Daripada menjad yg seperti diatas tadi, bagaimana kalau membaur.

Dalam kehidupan sehari-hari saja banyak yg membentuk kelompok ny sendiri-sendiri dalam kehidupan sosial, contoh ny saja pertemanan. Dengan berdalih mereka bisa dipercaya atau kenalan lama bukan alasan yg tepat. Seseorang bisa diterima oleh orang lain kalau dia bisa.
1. Mengambil hati;

2. Mengikuti gaya atau tingkah; dan

3. Mengerti pola pikir dan aktivitas tiap anggota kelompok

Setelah mengerti 3 bagian ini maka bersiaplah untuk diterima di kelompok tersebut dan menjadi bagian budaya baru.

Kadang yg membuat seseorang tidak mau ikut ataupun berdampingan dengan budaya lain atau baru, karena rasa takut. Ketakutan yg terjadi karena perbedaan agama, hobi, bahasa ataupun aktivitas sehari-hari. Dengan demikian hal ini lah yg menghambat orang tersebut susah menerima budaya dan mengakibatkan Culture Shock.
Untuk mengatasi ny coba melakukan penyesuaian terhadap lingkungan baru. Adaptasi adalah kunci terbesar untuk sukses, bukan. ( ^ w ^) #RightAgain

Sekian dari post mengenai Culture Shock. Sehat selalu & Salam ( ^ o ^)-oo=(c_ c ) #BrosFists

Sumber Gambar: 1)Blogs.tees.ac.uk

0 komentar:

Posting Komentar