Hidup Benar-Benar Bisa Dinikmati Kalau Menjadi Dirimu Sendiri

Kamis, 27 Februari 2014

Danshi & Arti Mise En Scène

Danshi no Blog - Berdasarkan membaca dari skripsi teman2 yang sudah lulus. Jadi tertarik untuk membahasx. Agar bagi teman2 yang saat ini lagi kesusahan mencari filex bisa dimudahkan oleh post ini. Semoga bisa membantu. Mari kita mulai pembahasan mengenai mise en scene. Dalam bahasa Perancis mise en scene dapat diartikan what is put into scene atau apa yang dimasukan dalam adegan atau scene. Unsur-unsur mise en scene mencakup lighting, costumes, sets, the quality of acting, serta other shapes and characters in the scene. Berikut merupakan elemen dalam mise en scene:

Danshi & Arti Mise En Scène
 
1.        Pencahayaan (Lighting)
Pencahayaan dapat menggambarkan sebuah karakter dengan berbagai macam cara. Selain itu, objek maupun adegan dapat disorot atau disinari, baik dengan secara alami dengan sinar matahari maupun secara buatan (seperti  menggunakan lampu). Oleh karena itu, pencahayaan penting dalam sebuah film karena pencahaayan dapat mendukung suasana yang terjadi dalam sebuah film.

2.      Kostum (Costume )
Dalam film, penampilan sebuah karakter memiliki peranan penting karena penampilan dapat menunjukkan peran apa yang actor perankan dalam sebuah film. Kostum dapat mendukung narasi atau jalan cerita serta dapat menunjukkan tingkat sosial dari karaker. Biasanya seorang sutradara melakukan riset atau penelitian terdahulu untuk melihat gaya berbusana, bahan pakaian, dan warna seperti yang pernah digunakan pada zaman tertentu.

3.     
Latar (sets)
Latar merupakan lokasi atau tempat pembuatan scene dalam sebuah film. Dalam sebuah film setting lebih dari sekedar background dan ketertarikan penulis naskah untuk mengunakan set. Akan tetapi, sebuah film yang baik adalah film yang latarnya memiliki hubungan atau keterkaitan dengan karakter dan cerita dalam film itu sendiri.

4.      Quality of Acting
Seorang aktor yang memiliki kemampuan baik dalam sebuah film dapat mempengaruhi penonton dalam melihat sebuah karakter. Elemen ini mencakup kontribusi pemain dalam sebuah penampilan meliputi pemilihan aktor, gaya berakting, penempatan dan perpindahan tokoh sehingga dapat mempengaruhi penonton dalam melihat karakter dalam film.

5.      Other shapes and characters in the scene
                    Bentuk dan karakter lain dalam sebuah film seperti komposisi dan lain sebagainya.

Sekian pembahasannya mengenai post ini. Jika teman2 penasaran dan ingin tahu lebih detail mungkin bisa tuliskan komentarx disini. Bagi yang tertarik dan ingin tahu juga, silakan komentar disini. Hhe
Sampai jumpa lagi di post-ku berikutnya. Sehat selalu & Salam ( ' 0')=oo=('w ' )#BrosFists


Sumber Gambar: 1)Vimeo.com

0 komentar:

Posting Komentar