Hidup Benar-Benar Bisa Dinikmati Kalau Menjadi Dirimu Sendiri

Sabtu, 22 Februari 2014

Danshi & Lagu Barat Baru (Mashups)

Danshi no Blog - Mashup adalah sebuah lagu / musik yang diciptakan dengan mencampurkan 2 atau lebih sebuah lagu. Pencampuran 2 lagu tersebut pastinya berbeda jenis aliran musiknya. Dalam melakukan pembuatan lagu Mashup pencipta harus benar2 mendengar lagu tersebut secara berulang2. Setiap lagu diciptakan untuk didengar oleh banyak orang. Karena itu, semakin sulit sebuah lagu Mashup yang didapat, maka akan semakin sulit lagu tersebut untuk bisa didengar maupun dinikmati.

       Mashup dikenal sejak era tahun 1950-an di eropa saat itu dikenal dengan nama Bootleg. Kaki Boot? = .= Jangan diartikan karena tidak penting. Lalu kemudian memasuki wilayah benua Amerika mulailah berkembang dan menjadikan Mashups dikenal sejak tahun 2000-an. Bisa diketahui baru2 saja lagu Mashup mulai berkembang di dunia, meskipun sudah lama lahirnya. Faktor yang mempengaruhix bisa populer karena. . . mungkin bisa dicari sendiri atau tanya lewat mbak google. 
(j ' =o ')j (lol)

       Buat teman2 sekalian yang ingin membuat sebuah lagu Mashup tapi takut dengan hukum plagiat. Aku bisa katakan jangan khawatir, karena lagu Mashup merupakan lagu "perpaduan" dari sumber aslinya. Karena dibuat dengan mencampurkan dua atau lebih lagu, baik instrumen maupun lirik yang dipakai.
Maka teman2 sekalian akan dilindungi oleh hukum perlindungan hak cipta dari klaim2 luar berdasarkan ketentuan hak cipta "fair use". Teman2 menciptakan lagu dengan menggunakan milik orang lain tetapi menggunakan lagu tersebut untuk kepentingan pribadi. Kalaupun menggunakan lagu tersebut digunakan untuk publikasi besar2an maka teman2 harus membayar kepada pemilik asli dari lagu yang dipakai.

 
Danshi & Lagu Barat Baru (Mashups)
 (Daft Punk)

   Danshi & Lagu Barat Baru (Mashups) Lepas dari hukum, aku sudah belajar lagu mashup sejak 1 tahun yang lalu namun karena keterbatasan dana. Maka aku sendiri hanya menggunakan alikasi yang aku dapat dari download. (J ' O ')J (lol)   Aku jatuh cinta dengan lagu mashup saat pertama kali mendengarkan lagu2 Skrillex yang dicampur aduk seperti gado2. :F #Lapar

   Awalnya aku menyukai lagu elektro dan kemudian mulai memasuki ke genre jenis lainnya, seperti mashups. Tetapi unsur mashup sama dengan musik elektro lainx, karena menggunakan konsep penggunaan/pencipta lagux dengan alat2 musik elektro. Definisi dari musik mashups buatku adalah hubungan yang terbentuk karena ada ikatan kuat antara suara dan isi. Suara dari instrumen dan isi dari arti penggabungan lirikx. Mashup bisa dibuat daalm bentuk suara saja maupun video. 

     Mashups dirancang untuk menyenangkan semua pancaindra manusia, menurutku. Apa yang kita dengar sekaligus bisa kita lihat dengan mengimajinasikan, sama seperti lagu pop lainx. Tapi hampir banyak masyarakat umum di Indo sekarang masih kurang memahami nuansa yang masuk ke dalam membangun mashup kompleks dari potongan-potongan kecil dari lagu. Jadi agak masih belum terlalu berkembang maupun mendapat pengakuan lagu mashups ini di Indo.

Danshi & Lagu Barat Baru (Mashups)
(M4Sonic dengan Launchpad)

Buang kegalauan, aku akan menunjukkan beberapa list orang2 yang membuatku menyukai lagu Mashups. Mau tahu siapa saja mereka? Lihat saja.

1. Daft Punk
 
2. Kimaginati0n 

3. DJ Earworm

4. M4Sonic

5. Madeon

6. TheSamTsui

7. Eka Gustiwana

Danshi & Lagu Barat Baru (Mashups)

      Bagaimana sudah tahu sekarang mengenai lagu2 Mashups? Semoga saja post ini bisa menambah ilmu untuk teman sekalian agar selalu rajin berkarya dengan ciptaanx sendiri. Meskipun mengikuti orang lain tetapi kembangilah dengan cara sendiri dengan lagu Mashups. Bukan seperti artis2 plagiat seperti D'Massiiifh_Dunia_Lain   (j ' =o ')j (lol)

Sekian dulu post ku untuk saat ini, jika berkenan mungkin teman2 bisa share juga mengenai lagu kesukaanx. Hhe Sampai jumpa lagi teman2 di lain waktu. Selalu Sehat & Salam ( " ,")=oo=(=. = ) #BrosFists

Sumber Gambar: 1)Magazin.pecsibolcsesz.hu; 2)Cairogossip.com; 3)Town-ya1.ru; 4)Marketing.co.id

2 komentar:

nama aplikasinya yang buat bikin mashup apa gan?? pengen nyoba

Untuk saat ini saya masih kecantol sama aplikasi Fruity Loop 11 sama Abelton, bro. Kalau mau nyoba2 dulu aplikasi seperti Fruity Loop mungkin cocok untuk referensi dasar.

Posting Komentar