Hidup Benar-Benar Bisa Dinikmati Kalau Menjadi Dirimu Sendiri

Kamis, 26 Maret 2015

Danshi & Mengatasi Cegukan / Tersedak

Danshi no Blog - Siapa sih yg ga pernah cegukan ataupun juga tersedak. Semua orang pernah apalagi yg masih balita. Tidak ada yg pernah tau cegukan itu kapan terjadi. Gejalan dari cegukan digambarkan seperti kejang urat pada paru-paru yg biasa ny sampai bermenit-menit atau beberapa detik. Penyebab ny pun masih absurd, meskipun banyak kondisi yg berhubungan. Seperti, makan dan minum secara bersamaan; minum bersoda berlebihan; atau bisa juga karena trauma di otak, meningitis, ataupun encephalitis

Tips Mengatasi Cegukan / Tersedak

Normal ny cegukan bisa hilang sendiri tapi menurut mitos dari Jepang . Kalo cegukan sekitar 100 kali maka teman-teman akan meninggal. Ya mitos hanyalah sekedar mengingatkan atau pesan ortu. Pada kenyataan ny ada saja orang yg cegukan sampai sehari atau dua hari.

Untuk mengatasi ny.
1. Tahan nafas, kemudian minum air putih secepat ny;
2. Menghirup garam (bau);
3. Nonton atau main game genre horror;
4. Merasa kaget;
5. Menarik lidah kuat-kuat; atau
6. Taruh gula 1 1/2 sendok teh pada bagian belakang lidah. (ulangi dengan jarak waktu selama 2 - 3 menit)

FYI : Buat yang cegukan tidak berhenti sampai dua hari, harus dirawat ke puskemas untuk di-diagnosa.

Gimana sudah mulai enakan dan tidak cegukan lagi. Nah, sekarang Danshi beri resep buat mengatasi tersedak. Cegukan berbeda dengan tersedak. Meskipun bahasa alien-ny sama "Hiccup". Gejala ny pun kurang lebih tidak berbeda dari penyebab cegukan. Makan terlalu cepat, menelan sesuatu yg besar, bagian tulang atau benda lengket nyangkut di tenggorokan.
Cara Mengobati Cegukan / Tersedak
Bukan Hiccups ini

Cara mengatasi ny.
1. Minum air putih/soda dua gelas (telan langsung);
2. Berkumur; 
3. Menelan pisang tanpa mengunyah (ukuran jangan besar-besar); atau
4. Pukul dada.

Tersedak itu tidak menyeramkan tapi kalau ada benda kecil seperti tulang ikan. #OutOfQuestion Sangat repot untuk dikeluarkan apalagi buat ngeluarin ny tanpa rasa malu. Seperti mau buang dahak atau kucing lagi keselek.

Sekian untuk post tips mengatasi cegukan dan tersedak/keselek. Terserah saja deh. Semoga bermanfaat buat yg lagi ngalamin.

Sehat selalu & Salam ( " w ")=oo(* = * ) #BrosFists

Sumber Gambar: 1)Timesnewsfeed.files.wordpress.com; 2)Howtotrainyourdragon.com

0 komentar:

Posting Komentar